Berita

Program Studi DIII Teknologi Informasi

Peduli Covid-19, Tim PKM Teknik Informatika Politeknik Negeri Ketapang Memberikan Bantuan Berupa Alat Cuci Tangan Otomatis untuk Pasar Desa Paya Kumang Ketapang.

Politeknik Negeri Ketapang (POLITAP) kembali melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19, upaya yang dilakukan kali ini berupa penyerahan dua unit alat cuci tangan otomatis dengan menggunakan obstacle sensor. Ketua Jurusan Teknik Informatika POLITAP Eka wahyudi, S.Pd., M.Cs mengatakan bahwa bantuan sebanyak dua unit pencuci tangan otomatis ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang pergi kepasar Desa Paya Kumang mengingat faktor penting dalam pencegahan/meminimalisir penyebaran Covid-19 yang semakin bertambah setiap harinya adalah dengan menjaga kebersihan dan selalu mencuci tangan saat berada dikeramaian. 

Bapak Munaki selaku ketua pengurus pasar Desa Paya Kumang mengatakan bahwa virus covid -19 ini sangat mempengaruhi jumlah pengunjung pasar setiap harinya, hal ini juga mempengaruhi daya beli masyarakat yang berpengaruh terhadap keadaan ekonomi pihak pasar tersebut. Bapak Munaki juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pihak POLITAP atas bantuan yang diberikan ini, semoga dengan adanya alat ini akan mempengaruhi jumlah pengunjung pasar. 

Ketua PKM Jurusan Teknik Informatika POLITAP Novi Indah Pradasari, M.Kom mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat yang berada di bawah unit P3KM POLITAP. Perakitan alat cuci tangan otomatis ini juga merupakan kerjasaman antara Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Teknik Elektro yang ada di POLITAP. 

Sistem yang dikembangkan merupakan pengaplikasian bidang Informatika dan Elektro khususnya system tertanam yang menjadi keunggulan kedua Jurusan tersebut. Dengan adanya system otomatis yang dikembangkan dimaksudkan agar pengguna tidak perlu lagi meneka/membuka keran air yang kemungkinan dapat menjadi wadah penyebaran virus/bakteri yang menempel, dimana air dan sabun secara otomatis akan mengalir saat pengguna mendekatkan/ menengadahkan tangan pada alat yang telah dirancang.

Semoga dengan adanya alat ini masyakat selalu dapat mengikuti arahan pemerintah untuk melaksanakan protocol covid-19, sehingga dapat menekan penyebaran virus covid-19.