Berita

Program Studi DIII Teknologi Informasi

Mahasiswa POLITAP, Raih Juara Kategori Best Poster LKTI Nasional LKMMN Ke-IX tahun 2019

Tiga mahasiswa POLITAP berhasil menjadi finalis sepuluh besar dan meraih juara kategori best poster di kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional LKMMN Ke-IX tahun 2019 dengan tema “Inovasi Mahasiswa Indonesia Untuk Mempersiapkan Generasi Milenial Dalam Menghadapi Momentum Bonus Demografi 2030”. Sebelumnya, tim POLITAP berhasil menjadi finalis Top 25 dari total 53 peserta. Untuk tahun ini, Politeknik Negeri Surabaya (PENS) berhasil meraih juara 1, sedangkan juara 2 dan 3 berhasil diraih oleh Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 18-24 November 2019 di Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang. Tim dari POLITAP adalah Romi Bia Santo, Roni Bia Santo, dan Weldhan Septian Hafsa yang ketiganya mahasiswa perwakilan jurusan Teknik Informatika Angkatan 2017 di bawah bimbingan Ibu Novi Indah Pradasari, M.Kom.


Tim POLITAP mengangkat ide karya tulis ilmiahnya dengan judul “Smart Waste Management System Using IoT sebagai Sistem Pengelolaan Sampah Teknologi”. Menurut Roni, ide ini tercetus dari banyaknya tumpukan sampah yang terbelengkalai atau tidak cepat ditindaklanjuti di Kabupaten Ketapang sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, tim mengusulkan ide untuk membuat sistem pengelolaan sampah yang digunakan untuk memberikan informasi tentang tempat pembuangan sampah. Sistem ini diharapkan dapat memudahkan para pengumpul sampah maupun masyarakat dalam mengecek atau mencari tempat sampah yang kosong dan dapat mengurangi sampah yang menumpuk pada tempat sampah.